Get Adobe Flash player



Berita Terbaru

Website Resmi DISPERINDAG Prov. NTB

Sosialisasi Pameran Dagang Luar Negeri

Direktorat Pengembangan Promosi dan Citra Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (UPTD-BP3ED) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat telah mengadakan acara “Sosialisasi Perdagangan Luar Negeri” Kamis 27 Februari 2014 bertempat di Lombok Plaza Hotel Mataram.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 30 peserta UKM yang bergerak di kerajinan aksesories emas mutiara, kerajinan kerang mutiara, gerabah, ketak, kayu cukli dan kerajinan buah kering. Narasumber dari pusat yang memberikan sosialisasi adalah Bapak Andi Ruswar Kasubdit Amerol Dit. Promosi dan Citra Ditjen PEN Kemendag RI, Bapak Sumardi fungsional Madya Perencanaan Kemendag RI sedangkan Narasumber dari Akademisi yaitu Ibu Sulhaini, SE, Ph.D Direktur Pasca Sarjana Unram dan Drs. Lalu Imam Maliki, MM Kepala Dinas Perindag Provinsi NTB

Dalam paparannya Kepala Dinas mengatakan bahwa pentingnya peran serta UKM dalam mendongkrak volume dan nilai ekspor non migas pemerintah provinsi NTB sehingga tidak bergantung pada ekspor pertambangan. “ekspor NTB tahun 2013 mengalami penurunan sebesar ….dibandingkan tahun 2012. Sector pertambangan merupakan sector penyumbang ekspor dengan prosentase 97,89 persen” paparnya. Dibutuhkan peran serta dari pemerintah baik pusat dan daerah serta peran aktif dari pengusaha/UKM sendiri untuk lebih bekerja keras agar kita tidak tergantung pada ekspor non migas saja” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas juga memberikan apresiasi bagi Pemerintah Pusat yang intens dalam memberikan perhatian kepada NTB guna pembangunan NTB yang lebih baik terutama di sector perdagangan dan industri. Kami mengharapkan agar UKM dapat sharing ilmu maupun bertanya kepada narasumber pusat dan akademisi agar berbagai permasalahan yang dihadapi UKM selama ini dapat teratasi “imbuhnya.

Walaupun kegiatan berlangsung singkat namun mendapat apresiasi yang baik dari peserta. Bapak Andi Rusman memberikan pentingnya UKM bekerjasama dengan instansi terkait baik pusat dan daerah. UKM diharapkan dapat terus bekerjasama dengan kami, baik pusat dan daerah terutama dengan UPTD-BP3ED selaku perpanjangan tangan dari Ditjen PEN” imbuhnya. Kami juga menyarankan agar para UKM dapat memanfaatkan website baik website Dinas Perindag maupun website DJPEN Kementerian Perdagangan RI agar dapat terus mendapatkan informasi terkait perdagangan. “silahkan bapak ibu (UKM) kunjungi website kami, karena disitu banyak informasi buyer yang bermanfaat bagi bapak ibu UKM,”tambahnya.

Secara luas lagi para UKM juga mendapat pengetahuan dari Bapak Sumardi tentang pameran-pameran yang dapat dimanfaatkan oleh para UKM baik pameran yang ada di dalam maupun di luar negeri. Permasalahan terkait pameran juga disinggung dalam pertemuan tersebut.

Narasumber yang terakhir memberikan materi adalah Ibu Suhaili, Ph.D yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana Universitas Mataram. Beliau lebih menekankan tentang pentingnya merek (brand) dalam industri perdagangan. “merek merupakan nama, istilah, tanda, symbol, atau rancangan atau kombionasi dari semuanya yang di maksudkan untuk mengidentifikasikannya dari barang atau jasa pesaing” jelasnya.

Beliu juga menjelaskan peran merek antara lain, mengidentifikasikan sumber atau peluang, menunjukkan fungsi-fungsi yamg bernilai bagi perusahaan, dan dapat menandakan suatu tingkat mutu. Diakhir kegiatan banyak para peserta bertanya dan sharing pengalaman usahanya. Kegiatan sosialisasi yang singkat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengusaha yang terdapat di NTB. Ruslan Haerani, SH, MH selaku Kepala Balai UPTD-BP3ED mengharapkan pemerintah pusat dapat terus datang ke NTB guna memberikan pengetahuan kepada para UKM NTB, sehingga pengusaha/UKM yang terdapat di wilayah NTB dapat terus berkembang dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para pengusaha.

Outbond 2013

Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (UPTD-BP3ED) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat telah melaksanakan kegiatan outbond pada tanggal 25 Desember 2013 dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.30 Wita bertempat di Taman Suranadi Kabupaten Lombok Barat.

Read more...

Sasambo Shoes

shoes Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang eksotic. Selain dari segi keindahan alam, pulau lombok juga dikenal dengan penghasil mutiara, gerabah , tenun , songket dan juga batiknya.

Melihat kekayaan alam yang begitu besar, maka kami menghadirkan sesuatu yang berbeda.

"Sasambo Shoes" hadir di Lombok pada Bulan Juni 2013 dengan mengusung tema sepatu ethnic yang berbahan dasar Batik khas Lombok

Read more...

Workshop Rumput Laut

Penetapan rumput laut sebagai salah satu komoditas ungglan daerah NTB sangatlah tepat jika dikaitkan dengan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Kelautan dan Perikanan 2005 – 2009, yang tertuang dalam bentuk program Klaster Industri Rumput Laut (KIRL). Program KIRL menitikberatkan integrasi antara industri buddaya dan industri pengolahan rumput laut (karaginan), khususnya pada daerah-darah sentra budidaya, dengan penekanan pada dua aspek. Pertama, menggunakan menggunakan pendekatan kawasan (klaster). Kedua, reposisi peran kelembagaan (koperasi).

Read more...

Pencarian

Lokasi Kami

Pengunjung

039052
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
113
194
713
36716
4560
4798
39052

Your IP: 54.82.1.136
Server Time: 2014-04-23 19:47:39